Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sampaikan Keluhan, eh Kades Wanita ini Malah Dapat Bonus dari Gubernur

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 23 Februari 2018 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Ada yang menarik saat Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mencari sampel lima Kepala Desa (Kades) se-Kalteng yang hadir saat Rapat kerja (Raker) di Palangka Raya, Jumat (23/2/2018) petang.

Sugianto sebenarnya ingin memastikan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang sudah diterima kepala desa digunakan untuk apa saja.

Pasalnya, sejumlah Kades termasuk yang di Kalteng, terjerat kasus penyalahgunaan anggaran yang berujung pada proses hukum.

Namun dari lima Kades yang maju ke panggung, ada satu Kades wanita yang justru mengungkap keluhan terkait masalah desanya.

Gubernur pun menyimak uneg-uneg itu, karena ada kaitannya pelayanan pemerintahannya.

“Begini Pak Gubernur. Kami ini membina ibu-ibu desa membuat anyaman khas, saya juga ikut turun tangan. Masalahnya, ketika produk anyaman ini jadi, justru pemasarannya susah dan tidak pernah dibantu dinas terkait baik Pemprov maupun kabupaten,” tutur Kades wanita asal Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara ini menceritakan keluh kesahnya.

“Akhirnya warga malah jual ke daerah-darah Kalimantan Timur, ini karena ke akses pasar Kalteng tidak difasilitasi. Ini murni karena sulit pemasaran,” lanjutnya.

Mendengar jeritan ibu-ibu desa yang disampaikan Kades ini, Gubernur Sugianto pun bersimpati. Ia tetap mendorong Kades wanita itu tetap menggerakkan warga supaya aktif produksi.

Dan tak disangka, Gubernur memberikan uang Rp15 juta untuk membantu pembinaan warga.

Berita Terbaru