Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tugas Pemadam Kebakaran Bukan Hanya Memadamkan Api

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 24 Februari 2018 - 11:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Meski punya tugas pokok memadamkan kebakaran, namun tugas Pasukan Pemadam Kebakaran (Damkar) tidak hanya memadamkan api. Namun juga melakukan penyelamatan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Majerum Purni saat menerima kunjungan murid TK Ar Rahman di Markas Damkar Kobar, Sabtu (24/2/2018)

"Tugas pemadam kebakaran itu meliputi tiga seperti pencegahan, aksi di lapangan, penyelamatan dan evakuasi korban. Salah satu upaya yang dilakukan pemadam yaitu pencegahan, dengan adanya kunjungan dari anak TK ini kita memberikan materi dengan harapan diterima, dimengerti, dan bisa dilaksanakan di rumah maupun di tempat lain," kata Majerum.

Ia melanjutkan tugas-tugas mulai mencari orang hilang, menyelamatkan kucing yang terjebak dalam sumur sampai memindahkan sarang tawon ganas merupakan tugas Damkar. "Penyelamatan tidak hanya manusia tetapi hewan juga kami selamatkan," ungkap dia.

Selain aksi di lapangan, kata Majerum, pihaknya juga melakukan penyuluhan agar masyarakat mengerti cara-cara penanganan kebakaran. Sehingga masyarakat bisa berupaya memadamkan api dengan benar sambil menunggu petugas datang.

"Upaya pemadaman bisa dilakukan oleh pemilik rumah bisa memadamkan api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Selain itu diharapkan juga para pemilik usaha, kantor dan lainnya harus memiliki APAR buat jaga-jaga dan pencegahan apabila terjadi kebakaran," imbau dia. (HARDI/B-8)

Berita Terbaru