Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diduga Ada Permainan Harga Karet oleh Tengkulak

  • Oleh James Donny
  • 24 Februari 2018 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kualitas karet yang rendah diduga menjadi penyebab harga karet anjlok. Tidak hanya itu, adanya permainan harga oleh para pengepul atau tengkulak ditengarai menyebabkan harga karet turun signifikan di tingkat petani.

"Untuk upaya meningkatkan mutu atau kualitas karet rakyat, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan perbaikan sistem pengelolaan pascapanen dan meningkatkan skala ekonomi usaha dalam pengolahan dan pemasaran Bokar (bahan olahan karet)," terang Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau, Slamet Untung Rianto, Sabtu (24/2/2018).

Hal tersebut, kata dia, dapat dilakukan melalui peningkatan kapasitas kelembagaan petani menjadi Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang dapat dibentuk oleh satu atau lebih kelompok tani atau Kelompok Usaha Bersama Karet (KUBK).

"Ini dapat dilakukan sesuai amanat dari Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 38/Permentan/OT.140/8/2008 tentang pedoman pengolahan dan pemasaran bahan olah karet," terangnya. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru