Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beri Pinjaman pada Kades Tanpa Perjanjian, Ketua Koperasi Diprotes Anggota

  • Oleh Wahyu Krida
  • 25 Februari 2018 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ulah Ketua Koperasi Bedaun Maju Bersama yang meminjamkan uang kepada Kepala Desa Sungai Bedaun Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), menuai protes anggota koperasi tersebut.

Karena itulah digelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2017, Minggu (25/2/2018).

Sabri, salah seorang anggota koperasi yang mengikuti RAT tersebut menjelaskan kenapa kegiatan ini digelar. "Karena Torin selaku Ketua Koperasi Bedaun Maju Bersama meminjamkan uang sebesar Rp 500 juta kepada Kepala Desa Sungai Bedaun yaitu Maryono. Tetapi proses peminjaman tersebut dilakukan tanpa perjanjian dan nominalnya di atas plafon pinjaman," jelas Sabri.

Namun, lanjut Sabri, dalam perjalanannya ternyata sang Kepala Desa tidak bisa mengembalikan uang pinjaman tersebut.

"Menyikapi masalah tersebut, maka koperasi menggelar rapat anggota. Namun dari 300 undangan hanya 50 orang yang hadir. Sedangkan jumlah anggota sekitar 561 orang. Tetapi hasil rapat tersebut juga sangat mengecewakan, karena seluruh anggota diminta untuk menanggung hutang yang sama sekali belum dibayarkan oleh Kades. Tentunya kami sebagai anggota koperasi sangat tidak setuju atas keputusan ini," jelas Sabri.

Menurutnya lantaran banyak anggota yang tidak setuju, maka RAT kemudian digelar.

"Acara RAT hari ini juga dihadiri oleh Camat Kumai Teguh Winarno, Ketua Asosiasi Petani Plasma Kalteng Hudawi dan perwakilan dari Polsek Kumai. Sedangkan anggota koperasi yang hadir dalam RAT ini sebanyak 114 orang. Berdasarkan hasil rembuk awal, dengan jumlah kehadiran anggota tersebut disepakati bahwa apapun hasilnya adalah keputusan akhir," jelasnya.

Hingga berita ini ditulis, RAT masih berlangsung. Menurut Sabri pembahasan masalah pinjaman uang yang kontroversial tersebut akan dibahas siang ini. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru