Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nyasar ke Kebun Warga, Orangutan Dilumpuhkan Dengan Peluru Bius

  • Oleh Wahyu Krida
  • 25 Februari 2018 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Seekor orangutan nyasar ke kebun pisang dan tebu milik warga Desa Sungai Raja, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara, Jumat (23/2/2018).

Orangutan jantan berbobot 90 kg itu diperkirakan berusia 17 tahun. 

Warga yang mengetahui keberadaan orangutan itu lalu melapor ke Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng.

Sabtu (25/2/2018), petugas SKW II Pangkalan Bun berangkat ke lokasi untuk menyelamatkan orangutan tersebut.

"Jumat (23/2/2018), kami mendapatkan laporan dari warga Desa Sungai Raja bahwa ada orangutan berkeliaran di kebun milik warga. Bahkan menurut laporan tersebut, diperkirakan orangutan itu sudah berkeliaran selama 15 hari di lokasi tersebut," ungkap Kepala SKW II Pangkalan Bun Agung Widodo, Minggu (25/2/2018).

"Tim rescue dari SKW II Pangkalan Bun tiba di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah beberapa jam melakukan pencarian, sekitar pukul 14.00, tim menemukan keberadaan orangutan itu," tutur Agung.

Agar orangutan bisa dibawa dengan aman, primata itu lalu dilumpuhkan dengan peluru bius.

"Setelah berhasil dilumpuhkan, orangutan itu kemudian dimasukkan dalam kandang evakuasi. Saat ini orangutan ini sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di kantor SKW II Pangkalan Bun. Rencananya orangutan ini akan dilepasliarkan ke Suaka Margasatwa Sungai Lamandau, Senin (26/2/2018)," sebut Agung. (W KRIDA/B-3)

Berita Terbaru