Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Karet di Gunung Mas terus Murah

  • 25 Februari 2018 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Saat ini harga beli karet dari petani di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) hanya berkisar Rp6 sampai Rp7 ribu per kilogram. Harga itu dinilai masih murah dan belum sebanding dengan biaya hidup masyarakat di wilayah Kabupaten Gunung Mas.

"Memang harga karet saat ini masih belum sesuai harapan kami sebagai petani karet. Bila harga karet mahal, maka ekonomi kami akan lebih baik" ujar Yati, 36, salah seorang petani karet di Kuala Kurun kepada borneonews, Minggu (25/2/2018).

Menurut dia, idealnya harga beli karet dari patani di Kabupaten Gunung Mas diatas Rp10 ribu per kilogram. Pasalnya, saat ini harga berbagai kebutuhan pokok di wilayah kabupaten bermoto bumi habangkalan penyang karuhei tatau, cukup mahal.

"Kami berharap harga karet bisa mencapai Rp15 ribu per kilogram," cetusnya.

Petani karet lainnya, Hianto, 41, menuturkan hal senada. Menurut dia, di Kabupaten Gumas banyak masyarakat yang memiliki kebun karet dan berusaha menyadap karet.

Bila harga karet mahal, akan membawa dampak positif untuk meningkatkan perekonimian masyarakat. "Semoga pemerintah memperhatikan nasib kami petani karet. Dengan menaikan harga beli karet dari petani," (EPRA SENTOSA/B-5)

Berita Terbaru