Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Harus Persiapkan Diri Jadi BLUD 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Februari 2018 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Dinkes Kotim) Faisal Novendra Cahyanto meminta kepada kepala Puskesmas beserta pegawainya agar mempersiapkan untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Hal itu dilakukan untuk peningkatan pelayanan kesehatan di daerah ini. "Puskesmas di Kotim ini sudah ada beberapa yang bisa naik menjadi BLUD, dan itu harus dipersiapkan," ujar Faisal, Senin (26/2/2018).

Dirinya mengungkapkan, dari 21 Puskesmas yang ada di Kotim ini, ada beberapa yang sudah layak naik status menjadi BLUD, terutama Puskesmas yang ada di Kota Sampit yang memiliki layanan rawat inap. Selain itu, ada juga Puskesmas Sebabi.

"Keuntungannya sangat banyak kalau sudah naik jadi BLUD, terutama dalam pendapatan fungsional yang bisa langsung dipergunakan," kata Faisal.

Puskesmas yang naik jadi BLUD ada keleluasaan dalam urusan anggaran, baik itu perbaikan sarana dan prasarana maupun penambahan SDM yang bisa langsung dilakukan tanpa menunggu apapun.

"Misalnya kekurangan tenaga kesehatan, maka dengan BLUD bisa mengangkat tenaga kontrak atau non PNS, tanpa menunggu rekrutmen dari pemerintah seperti Puskesmas saat ini," terang Faisal.

Dirinya juga mengatakan, pihaknya sudah melakukan kaji banding di beberapa daerah yang Puskesmasnya sudah menjadi BLUD. Di mana memang terlihat sangat efisien. Karena dalam melakukan respon cepat dalam kebutuhan pelayanan kesehatan di tempat tersebut.

Seperti halnya Akademi Keperawatan (Akper) Kotim, yang sudah jadi BLUD. Saat ini, mereka untuk memenuhi kebutuhan pegawai atau dosen melalui pengangkatan tenaga kontrak yang mereka lakukan sendiri. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru