Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panwaslih Gunung Mas Ingatkan Pengawasan Rekapitulasi dan Penghitungan Suara Sangat Penting

  • 26 Februari 2018 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Rekapitulasi dan penghitungan suara pada pemilu dan pilkada sangat penting. Sebab itu yang menentukan kalah atau menang peserta pemilu/pilkada.

"Mengingat pentingnya rekapitulasi dan penghitungan suara, kami mengadakan bimbingan teknis (bimtek) pengawasan hasil rekapitulasi dan penghitungan suara pada pilkada dan pemilu,” ujar Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslih) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Walman Tristianto di Aula Hotel Lising, Senin (26/2/2018).

Menurutnya, bimtek tersebut sangat penting. Soalnya sering terjadi permasalahan karena kurangnya pemahaman, baik itu dari penyelenggara maupun pengawas, mengenai rekapitulasi dan penghitungan suara pada pelaksanaan pilkada dan pemilu.

"Dengan adanya bimtek ini maka diharapkan para peserta yakni panitia pengawas kecamatan (panwascam) dapat menjalankan tugas dengan baik saat rekapitulasi dan penghitungan suara, khususnya saat pilkada Kabupaten Gunung Mas 2018," cetusnya. 

Di samping itu, lanjut Walman, kepada seluruh Panwascam yang mengikuti kegiatan bimtek agar dapat terlibat secara aktif. Apabila ada permasalahan dalam pelaksanaan pengawasan di lapangan, silakan langsung ditanyakan kepada narasumber yang berasal dari Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Tengah.

"Bimtek yang berlangsung selama dua hari ini diikuti 36 anggota Panwascam dari seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Gumas. Dengan rincian ketua, sekretaris, dan bendahara Panwascam."

Bimtek itu merupakan kesempatan yang sangat baik. Sehingga Panwaslih,  Panwascam, dan jajarannya mempunyai pandangan, arahan, dan pemikiran yang sama terkait dengan tugas pengawasan yang akan dilakukan. Dengan begitu pilkada Gumas benar-benar berjalan dengan baik. (EPRA SENTOSA/B-)

Berita Terbaru