Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di 2018, DBD Sudah Renggut Satu Korban Jiwa di Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Februari 2018 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kotawaringin Timur di 2018 hingga menjelang akhir Februari ini sudah memakan satu korban jiwa.

"Selama tahun 2018 ini ada satu kasus DBD yang penderitanya meninggal dunia," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim Faisal Novendra Cahyanto, Senin (26/2/2018). 

Dia mengatakan, bahwa kasus Dengue Shock Syndrome (DSS) tersebut terjadi karena keterlambatan pasien diberikan perawatan petugas kesehatan. Sebab, pihak keluarga tidak mengetahui pasien sudah menderita DSS, hingga berakibat pada kematian.

"Yang meninggal tersebut sudah DSS, baru dibawa ke pelayanan kesehatan. Sehingga ada keterlambatan," kata Faisal. 

Diingatkannya, hal tersebut yang harus diperhatikan. Kalau menemukan keluarga yang mengalami panas badan tanpa disertai ispa atau penyakit lainnya, maka segeralah diperiksakan ke dokter atau pelayanan kesehatan terdekat. Sehingga bisa terdeteksi jenis penyakitnya.

Selema ini keterlambatan tersebutlah yang membuat DSS. Hingga akhirnya berujung pada hilangnya nyawa seseorang atau penderita. Dan itulah yang saat ini terus diantisipasi dinas kesehatan.

Dinkes juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dini, tidak hanya dengan fogging masal saja, namun juga antisipasi lainnya. 

"Masayarakat harus waspada, kalau ada keluarganya yang mengalami panas atau demam tanpa disertai penyakit lainnya maka segera diperiksa," pesan Faisal. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru