Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diminta Manfaatkan Layanan Vaksinasi Rabies

  • 26 Februari 2018 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Punding S Merang mengingatkan masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing atau kera untuk memanfaatkan layanan vaksinasi rabies dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas.

“Tujuan vaksinasi rabies adalah untuk mencegah terjadinya rabies, melindungi kita dari dampak gigitan hewan rabies. Masyarakat yang memiliki anjing, kucing atau kera agar memanfaatkan vaksinasi rabies gratis dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas,” kata Punding saat dihubungi melalui telepon, Senin (26/2/2018).

Politisi Partai Golkar itu menyatakan, selain untuk mencegah rabies, vaksinasi juga merupakan bentuk tanggungjawab pemilik terhadap hewan yang dipelihara. Pasalnya, lanjut Punding, bentuk tanggungjawab pemelihara hewan bukan semata hanya memberi makan, minum, dan kandang, tetapi juga memperhatikan kesehatan hewan peliharaan.

"Rabies merupakan penyakit berbahaya. Namun itu semua dapat dicegah dengan memberi vaksinasi terhadap hewan peliharaan. Masyarakat diminta untuk benar-benar memperhatikan hewan peliharaan mereka dengan rutin memberikan vaksinasi rabies," ingatnya.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan pada DPKP Kabupaten Gumas Yuliana Elisabeth menyampaikan, pihaknya akan mulai melakukan vaksinasi rabies di Kelurahan Kuala Kurun, Selasa (27/2/2018), Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Rabu (28/2/2018) dan Desa Tanjung Riu, Kecamatan Kurun, Kamis (1/3/2018).

"Masyarakat pemilik hewan peliharaan khususnya anjing agar dapat membantu petugas saat vaksinasi rabies dengan cara mengikat atau mengandangkan anjing peliharaan mereka," pesannya.  (EPRA SENTOSA/B-2)

Berita Terbaru