Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Ada Penambahan Tenaga Kontrak, Hanya Tambal Sulam

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 26 Februari 2018 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya– Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Tengah Nurul Edy memastikan, tidak ada penambahan tenaga kontrak di lingkungan pemprov.

Yang ada adalah satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) Kalteng melakukan pengusulan kepada BKD, yang kemudian dites bersamaan dengan tenaga kontrak lama. Kemudian pemprov menilai berdasarkan kompetensi yang dimiliki calon tenaga kontrak melalui serangkaian tes.

“Tidak ada penambahan, tetapi semacam tambal sulam dalam pemenuhan tenaga kontrak yang dibutuhkan pemprov. Siapa yang memenuhi nilai dalam tes, itu yang dianggap kompetensinya memenuhi,” kata Nurul Edy, Senin (26/2/2018).

Ia mengungkapkan, jumlah total peserta yang mengikut tes mencapai 2.900 orang. Yang tidak tidak memenuhi syarat 206 orang. 

Mengenai mekanisme tidak diumumkan berikut nilai, hal itu soal teknis dan menjadi hak penyelenggara. Nurul Edy menampik jika disebut tidak transparan.

“Tidak transparan Tentu tidak begitu lah. Tenaga kontrak kan berasal dari usulan SOPD, mereka mendaftarkan dan lapor ke BKD. Jadi pengumuman ini juga kami kasihkan ke SOPD masing-masing. Pengumuman lewat online dengan register peserta itu hanyalah mempermudah saja,” sebut dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, mengatakan bahwa tes calon tenaga kontrak bertujuan untuk memetakan yang benar-benar kompeten.

“Makanya kita lakukan evaluasi. Ini adalah bagian upaya untuk penataan dan menyeleksi supaya tenaga kontrak memenuhi kualifikasi yang kita butuhkan,” ucapnya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru