Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Apel Deklarasi Damai Pilkada 2018

  • Oleh Ramadani
  • 27 Februari 2018 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Pemerintah Kabupaten Barito Utara melaksanakan Apel Deklarasi Damai Pilkada 2018. Apel dilaksanakan di halaman kantor bupati Barito Utara, Selasa (27/2/2018).

Pjs Bupati Barito Utara Sapto Nugroho dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen yang mewakili masyarakat untuk berkomitmen bersama-sama mewujudkan Barito Utara yang aman dan kondusif.

“Semoga momen ini dapat menjadi tonggak untuk menuju Barito Utara yang taat hukum, aman, tertib, dan kondusif. Terutama dalam rangkaian kegiatan pesta demokrasi pemilu bupati dan wakil bupati 2018,” kata Sapto Nugroho.

Ia melanjutkan, menyukseskan pilkada 2018 bukan hanya tugas perangkat pemilu, namun merupakan tanggung jawab bersama. 

“Oleh karena itu, saya meninta dan mengharapkan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta menciptakan situasi yang aman, damai, dan kondusif,” katanya.

Berkaca dari pengalaman terdahulu di wilayah lain, proses pilkada sering kali berjalan tidak maksimal karena diwarnai dengan beberapa praktik kecurangan. Antara lain politik uang, politik transaksional, kampanye hitam, dan berbagai jenis kecurangan lainnya.

Masih pada kesempatan yang sama, Sapto Nugroho juga menyampaikan alasan pemerintah menggelar pilkada serentak. Menurutnya, selain untuk efisiensi anggaran, pilkada serentak juga bisa menyinergikan pemerintah pusat dan daerah,. Di samping itu partisipasi masyarakat akan semakin meningkat.

Setelah apel, dilaksanakan ikrar bersama deklarasi damai pilkada 2018. Ikrar bersama itu diikuti tokoh masyarakat, ASN, TNI, Polri, serta pasangan calon bupati dan wakil bupati dan para simpatisan atau pendukung paslon. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru