Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kodim 1013/Mtw Dan Pemkab Barito Utara Sepakati MoU Bela Negara

  • Oleh Ramadani
  • 27 Februari 2018 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Kodim 1013/Muara Teweh dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara menyepakati nota kesepahaman (MoU) terkait bela negara, wawasan kebangsaan, dan ketahanan pangan nasional.

Penandatangan MoU dilakukan di Aula Setda, Selasa (27/2/2018), oleh Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Arh Abraham Kalelo, Pjs Bupati Barito Utara Sapto Nugroho, dan Kepala Dinas Pertanian Setia Budi sebagai perwakilan SOPD.

Letkol Arh Abraham Kalelo dalam kesempatan itu, mengatakan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya penandatandatangan MoU ialah sebagai landasan kerja sama antara Kodim dan Pemkab Barito Utara untuk penguatan kesadaran bela negara dan mengaktualisasikan nilai-nilai bela negara kepada setiap warga negara.

Hal itu demi terwujudnya kesadaran bela negara yang dapat mendukung sistem pertahanan negara yang bersifat sementara.

“Kegiatan ini merupakan wahana untuk saling bertukar informasi dan menyamakan persepsi dalam upaya menumbuhkembangkan kesadaran bela negara serta menyiapkan kader bela negara dalam rangka membangun sistem pertahanan negara yang tangguh,” kata Abraham.

Dikatakannya pula, membangun kesadaran bela negara, berarti membangun watak bangsa yang memiliki jati diri, kebanggaan, dan kebangsaan Indonesia yang dilandasi cinta Tanah Air, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta setia pada Pancasila sebagai ideologi negara dan rela berkorban bagi bangsa dan negara.

“Bela negara merupakan sebuah hal yang sangat penting dan diperlukan untuk ditanamkan kepada semua elemen bangsa ini,” katanya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru