Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Jam Beraksi, Pengemis di Kotawaringin Barat Kumpulkan Rp300 Ribu

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 27 Februari 2018 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pengemis di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mampu kumpulkan Rp300 ribu hanya dalam waktu tiga jam, mulai pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB. Bahkan, dalam sehari mereka bisa memperoleh Rp500 ribu.  

Meski sudah ditertibkan, pengemis yang merupakan pendatang ini masih saja kembali dan beraksi ke Kotawaringin Barat. "Alasan mereka datang bermacam-macam, seperti di Kobar mereka dikasih Rp2.000, tidak ada yang ngasih Rp1.000 atau Rp500 saat mengemis," kata Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perda pada Dinas Satpol PP dan Damkar Kobar Mustawan Lutfi, Selasa (27/2/2018).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang memicu maraknya gelandangan dan pengemis (gepeng). Di antaranya faktor musiman, eksodus, ekonomi dan kebiasaan.

Faktor musiman misalnya pada saat hari besar keagamaan. Sedangkan untuk eksodus seperti persaingan di daerah dia mengemis sehingga memutuskan untuk pindah tempat. "Kebiasaan merupakan hal yang sulit dihilangkan seperti pengemis pernah ditertibkan dan besoknya lagi dia kembali lagi," terangnya.

Ada beberapa tindakan yang dilakukan Satpol-PP menghadapi gepeng, seperti penertiban dengan membawa dia ke kantor dan didata daerah asalnya.

"Setelah mendata kita akan melimpahkan ke Dinas Sosial untuk ditindaklanjuti. Tetapi yang sering ditertibkan merupakan gepeng kambuhan yang sudah beberapa kali tertangkap," ucapnya. (HARDI SARJITO/B-2)

Berita Terbaru