Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Timur Dinilai Lamban Verifikasi Jalan Permukiman Dalam Kota

  • Oleh Naco
  • 28 Februari 2018 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Agus Seruyantara menilai, pemkab setempat lamban dalam melakukan verifikasi terhadap 13 jalan permukiman di dalam kota Sampit. 

Jalan itu berada di sejumlah perumahan yang dibangun melalui jasa pengembang.

"Saya sudah tegaskan sejak awal bahwa segera ajukan verifikasi jalan itu agar bisa dibiayai oleh APBD pembangunannya," kata Agus, Rabu (28/2/2018).

Menurutnya, akibat ulah pemkab yang tidak mau memverifikasi mengakibatkan infrastruktur permukiman di dalam kota sangat dikeluhkan. Karena proyek pemerintah tidak bisa masuk ke kawasan tersebut. 

Bahkan tidak jarang pemkab dalam hal itu dianggap sengaja mengabaikannya. 

Bahkan, lanjut dia, ada yang menyebutkan lambannya verifikasi itu sebagai trik untuk mengurangi beban APBD Kotim untuk membiayai pembangunan.

"Makanya pemkab selalu beralasan kalau diusulkan itu belum ada verifikasi dari tim verifikasi yang dipimpin sekda," cetusnya.

Dalam beberapa waktu lalu saat rapat koordinasi dengan lembaga DPRD, menurut Agus, pemkab berjanji menuntaskan verifikasi itu bulan Juni 2017 lalu.

Namun nyatanya hingga saat ini tim verifikasi belum ada melakukan aksi di lapangan.

"Maka dari itu, kami mendesak agar sekda Kotim bisa bertanggung jawab dengan lambanya verifikasi jalan yang dibangun oleh pengembang tersebut," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru