Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buah Karantungen Pernah Dikirim ke Presiden Joko Widodo

  • Oleh Ramadani
  • 28 Februari 2018 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Salah satu buah hutan khas Kalimantan, khususnya Kabupaten Barito Utara, yakni karantungen dikirim ke Presiden Joko Widodo oleh Gubernur Kalimantan tengah Sugianto Sabran.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara Setia Budi menuturkan, cerita berawal saat Gubernur Sugianto meminta dikirimi durian 'gantar bumi' yang menjadi andalan Barito Utara.

Permintaan itupun dipenuhi oleh Setia Budi. Namun, dia juga menyertakan karantungen atau durian hutan dalam paket kiriman tersebut.

Ternyata Gubernur Sugianto tertarik dengan karantugen. Gubernur lalu meminta buah itu juga dikirim ke Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri serta menteri Kabinet Kerja sebanyak enam karung, sebagai produk khas Kalimantan Tengah.

Tak lama berselang, Gubernur kembali meminta 100 biji buah karantungen. “Terakhir kita kirim sembilan karung buah karantungen serta buah layung yang juga merupakan buah hutan berjenis sama dengan durian,” tuturnya.

Disampaikan Setia Budi, pihaknya telah melakukan pembinaan kepada warga yang memiliki pohon durian di Desa Nihan, Kecamatan Lahei Barat, dua tahun lalu.

Hasilnya, produksi durian di daerah itu semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Pembinaan yang berikan di antaranya program pemupukan pohon durian yang siap dan telah menghasilkan buah.

Program itu direspons baik oleh bupati dan wakil bupati, bahkan pimpinan daerah meminta program itu ditingkatkan.

“Program pembinaan tersebut sudah berlangsung dari 2015 dan hasilnya produksi durian warga semakin meningkat,” ucap dia. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru