Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Dewan Minta Gepeng Dibersihkan Dari Kobar

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 28 Februari 2018 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Ketua DPRD Kotawaringin Barat (Kobar) Triyanto meminta Dinas Sosial dan Satuan Polisi Pemong Praja (Satpol PP) membersihkan keberadaan gelandangan dan pengemis atau biasa disebut gepeng.

"Gepeng ini datang dari luar daerah. Saya meminta, nanti dari Dinas Sosial dan Satpol PP untuk bisa mengadakan razia gepeng agar jangan sampai menjadi contoh yang tidak baik bagi anak-anak kita di Kobar. Karena masih banyak perkerjaan di wilayah kita dari pada jadi gepeng," kata Triyanto, Rabu (28/2/2018).

Politisi Partai Gerindra itu menegaskan, gepeng bukanlah perkerjaan. Tetapi hanya kemalasan untuk mencari kerja. Karena pada umumnya gepeng menganggap mengemis itu merupakan perkerjaan yang menjanjikan. Akibatnya, mereka sering datang ke Kobar untuk meminta-minta.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Penegakkan Perda Sapol PP dan Damkar Kobar, Mustawan Lutfi, mengakui bahwa gepeng yang berkeliaran di Kota Pangkalan Bun mayoritas dari luar daerah.

Jumlah mereka biasanya meningkat saat hari besar keagamaan. Ia menduga, gepeng datang ke Kobat lantaran persaingan di daerah asal mereka mengemis mulai ketat.

"Sehingga memutuskan untuk pindah tempat. Ekonomi merupakan faktor umum yang sering dijadikan alasan untuk mengemis," sebutnya. (HARDI/B-3)

Berita Terbaru