Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Austindo Nusantara Lanjutkan Bangun Kebun Sawit di Papua 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 01 Maret 2018 - 09:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT) tetap melanjutkan pembangunan kebun dan pabrik sawit pada tahun ini di Papua. 

"Kami menggunakan pendekatan yang berbeda sebagai upaya merangkul masyarakat dan menjaga konservasi. Cara pengembangan di Papua sangat berbeda dengan daerah lain dan mengikuti sustainability policy, dari 30% konsesi dialokasikan untuk konservasi," kata Presiden Direktur PT Austindo Nusantara Jaya Tbk, Istini Tatiek Siddharta, kepada pers di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Perseroan mempunyai cadangan lahan (landbank) seluas 91.210 hektare termasuk plasma. Per 30 September 2017, lahan inti (perusahaan) yang telah tertanam seluas 4.978 hektare.

"Landbank terbesar berada di Papua. Penanaman sampai akhir tahun ini bisa 6.000-7.000 hektare," papar Istini.

Istini mengatakan, pihaknya menghormati budaya dan adat masyarakat lokal setempat dalam pembangunan kebun. 

"Sebelum membuka kebun, perusahaan melakukan pendekatan komunikasi dan berupaya membangun perekonomian masyarakat," ujarnya.

Dalam rencana bisnisnya, perkebunan sawit di Papua Barat akan dilengkapi pabrik kelapa sawit berkapasitas olah 45 ton TBS per jam dan pabrik pabrik pengolahan kernel berkapasitas 40 ton per jam. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru