Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi C DPRD Kalteng: Kesejahteraan Guru Harus Diperjuangkan

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 01 Maret 2018 - 16:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi C DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Samsul Hadi menyikapi isu evaluasi kualitas guru harus diiringi dengan peningkatan kesejahteraan guru.

Sebelumnya, guru kontrak di Kalteng bakal diuji kompetensi, baik guru yang berstatus kontrak, honorer ataupun tidak tetap. Total guru yang diwajibkan mengikuti kompetensi sebayak 2.880 orang.

Samsul mengharapkan evaluasi tersebut juga berdampak pada penghasilan guru non PNS.

"Evaluasi meningkatan guru sebenarnya bertujuan bagus, namun harus diiringi dengan peningkatan kesejahteraan guru," ujarnya, Kamis (1/3/2018).

"Kalau evaluasi tapi gaji guru hanya alakadarnya saja pasti akan membuat guru tidak terlalu bersemangat mendidik," lanjutnya. Samsul setuju diadakannya uji kompetensi guru.

"Tersingkir boleh jika itu memang target mutu, semua pihak harus sadar menjadikan anak-anak yang berkualitas tidaklah mudah. Jadi sudah selayaknya kesejahteraan guru harus diperjuangkan," lanjutnya lagi.

Sejauh ini gaji guru tenaga kontrak berada dikisaran Rp1,5 juta per bulan, masih jauh di bawah upah minimum provinsi Rp2,4 juta pada 2018. (GAZALI/B-6)

Berita Terbaru