Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Kecamatan di Katingan masih Terisolasi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 01 Maret 2018 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Tiga dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Katingan masih terisolasi, karena belum memiliki jalur darat dari Kasongan, Ibukota Kabupaten Katingan.

Ketiga kecamatan itu, yakni Katingan Kuala, Mendawai dan Kecamatan Bukit Raya. Kecamatan Katingan Kuala dan Kecamatan Mendawai posisinya berada di bagian Selatan atau hilir Katingan yang berbatasan dengan Laut Jawa.

Sementara Kecamatan Bukit Raya posisinya berada di bagian Utara atau hulu Katingan berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

"Jadi selama ini masyarakat di tiga wilayah tersebut masih mengandalkan transportasi sungai untuk menuju Kasongan dan daerah lainnya, sebab jalur darat masih belum bisa ditembus," ujar Kabag Humas dan Pemberitaan Setda Katingan, Lusen, Kamis (1/3/2018).

Menurut Lusen, saat Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berkunjung ke rumah jabatan Pjs Bupati Katingan dua hari lalu, Gubernur berniat kembali berkunjung ke Katingan untuk melihat rencana pembangunan jalan nasional yang bakal tembus sampai ke wilayah Kalbar.

"Di wilayah Selatan juga mulai tahun ini, pihak provinsi telah menganggarkan dana untuk pembangunan jalan yang akan tembus sampai ke wilayah Kabupaten Kotim. Ini semua untuk membuka keterisolasian warga terutama ditiga wilayah kecamatan tersebut," imbuh Lusen. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru