Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Ketahanan Pangan Targetkan 3.000 Anjing Divaksin Rabies

  • Oleh Uriutu
  • 01 Maret 2018 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok– Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menargetkan memvaksin 3.000 anjing penular rabies pada 2018.

Kabid Peternakan DKPPP Barito Selatan Hevijanto mengatakan, biasanya vaksinasi massal dilaksanakan pada Mei. Namun, berhubung pada pertengahan Mei mulai puasa jadi rencana vaksin dimajukan pada April mendatang.

“Kita menargetkan 3.000 anjing yang akan divaksinasi pada 2018 ini,” kata Hevijanto kepada Borneonews, Kamis (1/3/2018).

Ia optimistis, target itu akan tercapai pada 31 Desember mendatang. Pasalnya, seperti tahun-tahun sebelumnya selalu melebihi target.

Kadang-kadang, lanjut dia, dalam vaksinasi tersebut pasti ada yang ketinggalan. Karena pada saat pihaknya turun ke lapangan, anjing peliharaan dibawa sang empunya ke kebun, ladang, atau berburu.

Meski demikian, pihaknya tetap melaksanakan vaksinasi susulan. Ada juga warga yang datang sendiri.

Adapun vaksinnya di-drop dari pusat melalui Dinas Peternakan Provinsi Kalteng. Karena Kalteng merupakan wilayah endemik rabies. 

“Untuk vaksin kita sudah meminta ke provinsi sebanyak 3.500. Karena untuk Barsel populasi anjing berkisar 3.500 juga,” sebut dia.

Ia menyebutkan, untuk Barsel ada lima kecamatan yang ada anjingnya. Untuk populasi terbanyak ada di tiga kecamatan yakni Dusun Selatan, Gunung Bintang Awai, dan Dusun Utara. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru