Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pejabat Pengelola Informasi Pemkab Kapuas Ikut Bimbingan Teknis di Pemprov

  • 01 Maret 2018 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kabupaten Kapuas yang diwakili Gusti Mahfuz dan dua Staf Sekretariat PPID, menghadiri Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas dan Kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang diselenggarakan di Aula Bersama Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, Kota Palangka Raya, Kamis (1/3/2018).

Bimtek Pengelolaan PPID yang dilaksanakan semala dua hari itu dibuka Plt Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Herson B Aden.

Narasumber bintek ialah Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Handayani Ningrum dan tenaga ahli dari Komisi Informasi Pusat Annie Londa.

Kegiatan bimtek tersebut dirangkai dengan peluncuran aplikasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi, aplikasi Penanganan Aspirasi Pengaduan, serta SMS Gateway.

Peluncuran ditandai dengan penyerahan alat peraga berbentuk smartphone dari Kapuspen Kemendagri ke Plt Sekretaris Daerah Kalteng yang langsung melakukan simulasi pengaduan menggunakan aplikasi SMS Gateway.

Herson B Aden dalam sambutannya, meminta semua SOPD di Provinsi Kalteng maupun kabupaten/kota supaya dapat menerapkan aplikasi Pelayanan Informasi Publik.

"Dengan pemanfaatan aplikasi pelayanan pengaduan online ini diharapkan SOPD aktif dalam pelayanan informasi publik maupun dokumentasi serta wajib menyampaikan laporan secara berkala. Karena aplikasi ini sudah terintegrasi," ungkapnya.

Sementara itu, pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat, menyebut pihaknya mengikutsertakan tiga orang dalam kegiatan itu agar mereka semakin menguasai manajemen maupun operasional layanan informasi, baik Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) maupun aplikasi SAPA (Sarana Aspirasi dan Pengaduan) online terintegrasi di Kementerian Dalam Negeri. (NAPOLEON/B-3)

Berita Terbaru