Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Alasan Mengapa PT SSMS Tbk Raih Penghargaan Zero Accident 2018

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 01 Maret 2018 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) meraih penghargaan Zero Accident 2018. Ia menjadi satu dari 37 penerima lainnya di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berprestasi serupa.

Perusahaan yang didirikan pada 22 November 1995 dan mulai beroperasi secara komersial pada 2005 ini, berhasil menekan angka kecelakaan kerja hingga nol persen selama tiga tahun terakhir.

Penghargaan diumumkan dan diserahkan saat Peringatan Puncak Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan Kick Off Liga Pekerja yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalteng di lapangan Makorem 102 Panju Panjung, Palangka Raya, baru-baru ini.

"Diserahkan kepada perusahaan yang nihil kecelakaan kerja selama durasi tiga tahun. Jadi hitungannya per tiga tahun lalu dinilai," terang Kepala Disnakertrans Kalteng, Rivianus Syahril Tarigan kepada Borneonews, Kamis (1/3/2018).

Hitungan nihil kecelakaan kerja tersebut, sambung Syahril, adalah selama tenaga kerja dalam ikatan hubungan kerja. Misalnya ada tenaga kerja ajukan cuti beberapa hari lalu diperjalanan alami kecelakaan maka bukan termasuk kecelakaan kerja dalam definisi tersebut.

Penghargaan itu, diperuntukkan bagi perusahaan yang betul-betul tidak ada kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja ini bisa mengakibatkan kehilangan jam kerja. Kalau misalnya ada tenaga kerja jatuh dan luka lecet, namun tidak alami kehilangan kerja, maka tidak masuk kategori.

"Nihil kecelakaan termasuk juga bukan karyawan, artinya ketika ada orang diberi izin masuk lokasi kerja lalu terjadi kecelakaan maka masuk terhitung kecelakaan kerja. Nah perusahaan yang mendapat penghargaan itu tidak termasuk yang ada peristiwa ini," lanjutnya. (ROZIQIN/m)

Berita Terbaru