Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Sawit Sumbermas Sarana Bagus

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 01 Maret 2018 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk menerapkan prosedur pengelolaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang bagus. Ini juga menjadi alasan mengapa perusahaan ini meraih penghargaan Zero Accident 2018, baru-baru ini.  

"Kemarin itu ada 54 perusahaan yang masuk nominasi yang kita evaluasi. Lalu ketemulah 37 yang masuk Zero Accident itu. K3 itu indikator utamanya ya kecelakaan kerja. Ketika tidak ada kecelakaan berarti asumsi kita pengelolaan K3-nya sudah bagus,” kata Kepala Disnakertrans Kalteng, Rivianus Syahril Tarigan kepada Borneonews, Kamis (1/3/2018).

Ia mengatakan, Standar operasional prosedur (SOP) pekerja, peralatan kerja sudah diperiksa dan dikatakan laik operasional, adalah indikator yang menjadi pertimbangan.

"Kalaupun dilaporkan tidak terjadi kecelakaan kerja tapi tetap juga kita evaluasi apakah sudah menerapkan standard K3 misaknya ada SOP pekerjaan, alat pengaman diri (APD) pekerja, peralatan kerja sudah diperiksa dan dikatakan laik operasi. Hal seperti itu yang jadi perteimbangan. Termasuk indikator ini adalah keikutsertaan perusahaan di BPJS ketenagakerjaan. Betul gak pegawainya sudah masuk ke jaminan BPJS," pungkasnya. 

Penghargaan Zero Accident 2018 ini diumumkan dan diserahkan saat Peringatan Puncak Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan Kick Off Liga Pekerja yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalteng di lapangan Makorem 102 Panju Panjung, Palangka Raya, baru-baru ini. (ROZIQIN/m)

Berita Terbaru