Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Budidaya Ikan Patin Masih Mendominasi

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 02 Maret 2018 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Budidaya Ikan Patin masih mendominasi di Kabupaten Kotawarimngin Barat karena musim yang mendukung.

"Ikan patin ini memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah mati, mengembangkannya pun tidak susah ketimbang Ikan Nila dan Ikan Mas," kata Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan pada Dinas Perikanan dan Kelautan Kobar Hepy Kamis, Kamis (1/3/2018).

Terlebih, lanjut Hepy, Ikan Patin bukan kanibal, yang artinya tidak memakan sesamanya sehingga aman dipelihara dengan berbagai ukuran. Pemberian pakan pun tidak mengeluarkan modal yang terlalu banyak.

"Daya hidupnya yang panjang menjadi suatu keunggulan Ikan Patin. Selain itu, semua bagian tubuh dari patin bisa dimanfaatkan dengan baik seperti dagingnya yang enak, bahkan tulangnya pun bisa dimanfaatkan," ucapnya.

Ia menambahkan, dari Desember 2017, Januari 2018, dan Februari 2018 budidaya ikan masih didominasi oleh Ikan Patin. Namun, untuk Maret ini akan didominasi oleh ikan nila. Pembudidayaan ikan itu tergantung musimnya. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru