Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Faktor Cuaca, Akhir Maret 2018 Dipresiksi Masih Inflasi

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 02 Maret 2018 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Akhir Maret 2018 mendatang, perekonomian Kalimantan Tengah (Kalteng) diprediksi masih terjadi inflasi. Meskipun tingkat inflasi ini masih terbilang cukup dangkal. Prediksi ini disampaikan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kalteng dari Deputi Moneter Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalteng, Setian.

Dia mengatakan hal tersebut karena faktor alam yang sedikit mengganggu terhadap distribusi arus barang jasa sehingga kemungkinan ada penaikan harga untuk sejumlah komoditas. 

"Berdasarkan keterangan BMKG, pada Maret hingga April 2018 ini curah hujan cukup tinggi. Terkonfirmasi bahwa hasil produksi lokal tidak optimal," kata Setian yang juga Wakil Ketua TPID Kalteng ini saat pertemuan di ruang rapat Asisten Pemprov Kalteng, Jumat (2/3/2018).

"Kondisi ini berimbas ke komoditas pertanian seperti cabai mulai naik sehingga akan menjadi tekanan dan picu inflasi di bulan Maret. Tetapi tekanan tidak tinggi sehingga kalau inflasi pun dangkal," tambahnya.

Sementara itu sehari sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalteng, Hanif Yahya mengatakan, selama Februari 2018 terjadi inflasi di Palangka Raya sebesar 0,04 persen dan Sampit 0,14 persen. Kedua kota tersebut menempati peringkat ke-55 dan ke-45 inflasi tertinggi di tingkat nasional.


Provinsi Kalteng yang merupakan gabungan Palangka Raya dan Sampit terjadi inflasi sebesar 0,08 persen, dengan laju inflasi tahun kalender sebesar 0,53 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun sebesar 2,55 persen.

Hanif membeberkan, inflasi di Palangka Raya terutama dipengaruhi oleh kenaikan indeks harga pada kelompok sandang (0,74 persen) dan kesehatan (0,61 persen).

Sedangkan Inflasi di Sampit terutama dipengaruhi oleh kenaikan indeks harga pada kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga (1,45 persen) dan sandang (1,32 persen). (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru