Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Karhutla, Masyarakat Harus Diberdayakan

  • Oleh James Donny
  • 02 Maret 2018 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemberdayaan kepada masyarakat harus dilakukan oleh pihak-pihak terkait untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pemberdayaan yang memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat merupakan salah satu yang perlu diupayakan agar sumber daya yang ada tetap terpelihara, untuk kebutuhan hidup masyarakat dalam jangka panjang.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pulang Pisau, Wartony saat memberikan paparan pada diskusi publik terkait pengelolaan lahan gambut dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Diskusi publik itu digelar di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (2/3/2018).

"Jika masyarakat tidak diberdayakan dalam jangka panjang, masyarakat tidak mempunyai daya beli dan sumber daya langka, punah," kata Wartony.

Hal tersebut menurutnya akan mengakibatkan kehancuran ekonomi, lingkungan dan permasalahan sosial secara menyeluruh. "Hancurnya ekonomi akan menimbulkan ketimpangan sosial. Jika ketimpangan sosial dibiarkan saja, maka merupakan bom waktu terjadi masalah sosial, yang diawali dari konflik-konflik sosial," ujarnya.

Harapannya, dengan memberdayakan masyarakat, akan mengubah pola pikir sehingga masyarakat dapat mencintai sumber daya alam sebagai kebutuhan jangka panjang. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru