Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Kebakaran Lahan Gambut di Pulang Pisau Masih Cukup Tinggi

  • Oleh James Donny
  • 02 Maret 2018 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Potensi kebakaran lahan gambut di Kabupaten Pulang Pisau masih cukup tinggi.

Demikian dikatakan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pulang Pisau, Rudi Purwadi saat menjadi narasumber pada acara Diskusi Publik Pengelolaan Lahan Gambut dan Pencegahan Karhutla di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bapedalitbang) Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (2/3/2018).

"Untuk kondisi lahan kita sendiri, potensi kebakaran masih cukup tinggi karena dominasi lahan gambut hampir 60 persen dari luasan yang ada," katanya.

Sejauh ini, kata Rudi, upaya pencegahan lahan sudah dilakukan dengan maksimal, mulai dari pembuatan sekat kanal, sumur bor hingga sosialisasi pada masyarakat. Selain pemberdayaan juga perlu dilakukan untuk masyarakat sedini mungkin.

"Dapat juga menjadi masukan dan solusi terkait permasalahan lahan gambut, di antaranya dengan membuat semacam sekolah kaderisasi untuk anak-anak muda atau anak usia sekolah dan mahasiswa yang berorientasi pada lingkungan, termasuk pembelajaran tentang lahan gambut," kata Rudi.

Jika hal tersebut dapat dilakukan, maka akan ada karya positif yang diperoleh terkait penyelesaian kebakaran di lahan Gambut. "Permasalahan pencegahan kebakaran di lahan gambut ini harus dilakukan secara bersama, baik dari pemerintah Pusat, Provinsi dan daerah serta melibatkan pihak-pihak yang berkompeten dibidangnya," tambahnya. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru