Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kerajinan Harus Dekat dengan Industri Kreatif Lokal

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 03 Maret 2018 - 05:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Ada satu keinginan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran terhadap Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi dan dekranasda kabupaten/kota di Kalteng. Yaitu harus dekat dengan industri kreatif lokal.

Hal ini diungkapkan saat berpidato usai pelantikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Tengah (Kalteng), Yulistra Ivo Azhari, yang juga istrinya sendiri, Jumat (2/3/2018).

Dekranasda harus berada di belakang usaha-usaha yang berkenaan dengan industri kreatif. Membina dan mengembangkan serta melindungi produk masyarakat yang ada untuk dipoles menjadi suatu usaha yang memiliki nilai tambah menjadi penekanannya.

“Banyak industi kecil dan keunggulan lainnya di Kalteng misalnya rotan, batik, kuliner, dan lainnya. Supaya betul-betul kerja keras membantu mengembangkan potensi asli Kalteng ini,” harapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Harian Dektranas, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo juga sepakat dengan ide gubernur, yang tercermin dalam inisiasi forum konsultasi yang dilakukan Gubernur Kalteng bersama Dekranasda dan PKK Kalteng.

“Di mana dalam forum itu Gubernur berharap mengangkat potensi daerah supaya berdaya guna, lalu berdaya saing dengan daerah lain, salh satunya memikirkan untuk mengangkat dan melindungi potensi lokal dengan memberi label produk lokal kita, sehingga memberikan nilai tambah,” katanya. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru