Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Diminta Bantu Petani Pasarkan Hasil Panen

  • Oleh Naco
  • 03 Maret 2018 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Rudianur, meminta pemkab membantu para petani memasarkan hasil panen mereka.

Karena selama ini, selain masalah sulitnya petani menjual hasil panen, harganya juga masih jauh dari yang diharapkan.

"Saat ini kita selalu mendorong agar pertanian terus dikembangkan, manakala harga gabah petani masih jauh dari yang diharapkan tentu ini akan menjadi kesulitan bagi petani," kata Rudianur, Sabtu (3/3/2018).

Ia menyebutkan, kualitas gabah di Kotim sangat bagus. Tinggal keseriusan pemkab untuk mengelolanya. Supaya bisa menghasilkan beras yang harganya tidak kalah bersaing dengan dari luar daerah.

"Seperti beras yang dijual dan didatangkan dari daerah lain, itu asalnya beras kita sini. Harganya sangat mahal, sedangkan mereka belinya murah saja dari petani kita. Ini yang harus jadi pemikiran daerah bagaimana kita itu memproduksi beras sendiri," tegasnya.

Ia mencontohkan, beras siam epang asal Kotim, sudah diakui secara nasional. Akan tetapi jika tidak dikelola tentu selalu menjadi hambatan bagi para petani untuk mengembangkannya.

Maka dari itu penting bagi Pemkab Kotim tidak hanya mendorong masyarakat untuk bertani, tapi juga membantu menjual hasil pertanian dengan harga yang bagus.

"Kita setiap tahun hasil panen melimpah tapi beras masih mendatangkan dari luar daerah. Ini yang menjadi pemikiran pemkab saat ini," pungkasnya. (NACO/B-3)

Berita Terbaru