Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasien Penderita Kusta Yang Berhasil Sembuh Diberi Sertifikat

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Maret 2018 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Sukamara- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukamara akan memberi sertifikat kepada pasien yang berhasil sembuh dari penyakit kusta.

Sertifikat itu diberikan dengan tujuan supaya masyarakat kembali bersedia bergaul dengannya, dan mantan pasien tidak merasa terasingkan atau dikucilkan.

"Bagi pasien penderita kusta yang telah berhasil disembuhkan akan diberi sertifikat," kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sukamara dokter Benson Nababan, Sabtu (3/3/2018).

Menurutnya, pemberian sertifikat itu merupakan salah satu cara untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat sekitar, mengingat kusta merupakan penyakit menular. Sehingga sehingga masyarakat merasa enggan untuk mendekati pasien.

"Harapan kita dengan adanya sertifikat itu, pasien bisa kembali bergaul seperti semula. Karena kita tahu selama ini penderita kusta banyak dijauhi masyarakat yang takut tertular," ucapnya.

Ditambagkannya, untuk tahun ini masih ada sebanyak empat pasien yang ditangani dan dalam tahap penyembuhan. Empat pasien itu berasal dari Kecamatan Sukamara sebanyak dua orang, Kecamatan Balai Riam satu orang, dan Kecamatan Pantai Lunci satu orang.

"Pasien ini kita temukan pada 2017. Saat ini sedang dilakukan proses penyembuhan," ujarnya. (NORHASANAH/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru