Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanganan Penderita Gangguan Jiwa di Seruyan Terkendala Sarana Evakuasi

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 05 Maret 2018 - 05:24 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dinas Sosial Kabupaten Seruyan mengaku mengalami kendala dalam penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) terutama masalah sarana saat penderita akan dievakuasi.

“Kami kesulitan dalam penanganan ODGJ di Seruyan, terutama pada saat evakuasi untuk penanganan,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Seruyan Mujiyem di Kuala Pembuang, Minggu (4/3/2018).

Menurut Mujiyem, pihaknya kerap kesulitan dalam evakuasi misalnya penjemputan dari tempat asal ODGJ tidak menggunakan mobil khusus, bahkan ketika pasiwn ODGJ menjalani pengobatan di rumah sakit pun juga mengalami kesulitan, karena rumah sakit tidak ada menyediakan bangsal khusus, dimana pasien ODGJ dirawat satu ruangan dengan pasien lain.

Menurutnya, kondisi ini harus menjadi perhatian bersama, karena banyak pasien normal yang dirawat di rumah sakit tidak nyaman, karena pasien ODGJ kerap berontak dan mengganggu pasien lainnya.

Tidak hanya itu, kondisi ini terus terjadi ketika ingin merujuk pasien ODGJ, Dinsos juga tidak memiliki mobil khusus sehingga hal itu membuat repot sejumlah tenaga medis lainnya karena setiap ODGJ berontak ketika ingin evakuasi.

”Kami berharap pemerintah daerah bisa melihat langsung dan merealisasikan usulan ini, karena ODGJ perlu bantuan semuanya,” terangnya. (FREDDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru