Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dana Tanggap Darurat Pemprov Rp6 Miliar

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 05 Maret 2018 - 11:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Anggaran yang disiapkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk dana tanggap darurat sebesar Rp6 miliar. Pagu itu ada di ABPD 2018.

Dana tersebut, kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri, di antaranya untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan bencana asap di wilayah Provinsi terluas kedua di Indonesia ini.

“Dana tanggap darurat yang kita siapkan di Anggaran Pemprov Kalteng 2018 sebesar Rp 6 miliar. Tetapi tidak hanya Karhutla dan kabut asap saja, juga untuk penanganan jenis bencana lain yang sifatnya darurat,” kata Fahrizal, Senin (5/3/2018).

Bencana yang lain tersebut, ia mencontohkan antara lain apabila terjadi bencana banjir (dengan cakupan dampak luasan tertentu), longsor, kebakaran, dan lainnya yang sifatnya tanggap darurat.

Sebelumnya, ia juga mengungkapkan, pihaknya telah mengajukan bantuan peralatan operasional menghadapi cuaca kering karena Kalteng memasuki kemarau. Diperlukan sarana udara di antaranya helikopter dan berdasarkan keepakatan, Kalteng dijatah empat helikopter pada 2018 ini oleh BNPB.

Pembagiannya adalah tiga di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya dan satu unit di Lanud Iskandar Pangkalan Bun. Bantuan helikopter itu, lanjut Fahrizal, untuk meredam Karhutla yang berpotensi menghasilkan kabut asap karena banyak kasus wilayah yang terbakar adalah kawasan gambut. (ROZIQIN/B-2)

Berita Terbaru