Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta DLH Berikan Edukasi kepada Masyarakat soal Sampah

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 05 Maret 2018 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ketua DPRD Kotawaringin Barat Triyanto meminta kepada pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk gencar memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penanganan sampah.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum tahu cara membuang sampah yang baik dan benar. "

Tempat pembuagan sampah itu sudah ada, tetapi jumlahnya masih kurang. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) harus sering sosialisasi, bila perlu DLH bisa panggil para RT untuk memberikan sosialisasi dan edukasi," kata Triyanto.

Triyanto mengatakan, kalau masyarakat bisa mengelola sampah secara swadaya melalui RT maka kebersihan akan tetap terjaga.

"Sebagai contoh tempat saya dikerjakan karang taruna yang bekerja sama dengan bank sampah. Ada iuran per bulan cukup kecil dan tidak memberatkan," ucapnya.

Dengan begitu, warga tinggal taruh di tempat sampah yg disediakan, nanti mereka mengambilnya. Dengan pola swadaya ini membantu kebersihan lingkungan. 

Selain itu, DLH harus memberikan cara agar masyarakat dapat mengelola sampah agar lebih efektif dan efisien. Apabila pengelolaan sampah secara swadaya ini berjalan baik, maka untuk menciptakan lingkungan bebas sampah tidaklah sulit. (HARDI/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru