Aplikasi Rekapitulasi Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Situs Budaya Huma Betang Tidak Terawat 

  • 05 Maret 2018 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Kondisi situs budaya Huma Betang yang berada di kawasan Bukit Ngelakang, Jalan DI Panjaitan, Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, memprihatinkan.

Pantauan Borneonews, situs budaya daerah itu terlihat tidak terawat dengan baik. Padahal bangunan rumah betang tersebut berada di tengah Kota Kuala Kapuas dan masih satu area dengan kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, serta tuguh proklamsi.

Lokasinya juga tidak jauh dari sarana publik seperti SMAN 1 Selat, SDN Percepatan, Puskesmas Selat, dan rumah jabatan bupati Kapuas.

Di halaman rumah betang ditemukan sampah berserahkan, sebagian lagi digenangi air akibat saluran drainase tidak berfungsi dengan baik. Genangan air juga terlihat di bawah rumah betang.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Budaya Kabupaten Kapuas Tatang Lesmana mengatakan, pihaknya segera meminta Dinas Perkerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) untuk membantu memfasilitasi penanganan Huma Betang.

"Kita akan menyurati pihak Dinas PU agar memfasilitasi pembersihan kawasan Huma Betang serta penanganan drainase. Sehingga tidak ada lagi genangan air," kata dia saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/3/2018).

Tatang berharap, masyarakat turut berperan menjaga fasilitas Huma Betang. Sehingga tidak melulu bergantung dengan pemerintah kabupaten.

"Saya meminta kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga fasilitas situs budaya. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan di area kawasan Huma Betang," imbaunya. (NAPOLEON/B-3)

Berita Terbaru