Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendapatan Asli Daerah Kotawaringin Timur 2018 Ditarget Tembus Rp234 Miliar 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Maret 2018 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemkab Kotawaringin Timur (Kotim) menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada 2018 tembus pada angka Rp234 miliar lebih.

Angka itu merupakan pekerjaan semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) pemungut pajak dan retribusi di daerah ini.

"Kami menginginkan agar target PAD tersebut bisa tercapai. Dan SOPD yang bergerak di bidang tersebut bisa bekerja maksimal," ujar Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, Senin (5/3/2018). 

Target tersebut lebih tinggi dibanding pada 2017 lalu, yakni Rp192,4 miliar. Dari angka ini waktu itu terealiasi Rp195,4 miliar (101,56%).

Sementara, PAD Kotim memberikan kontribusi 12,82%, dari total realisasi pendapatan daerah pada 2017, yakni sebesar Rp1,524 triliun. 

"Pencapaian target PAD 2017 tersebut sudah baik, dan diharapkan pada 2018 ini seluruh SOPD bisa mencapai target tersebut, dan tentu melebihi dari 2018," kata Taufiq Mukri. 

Dirinya menerangkan bahwa dalam penetapan pajak dan retrebusi daerah memang harus berdasakan pada data potensinya. Tentu memperhatikan perkiraan pertumbuhan ekonomi, yang berpotensi terhadap target pajak dan retresbusi tersebut, serta realisasi pendapatan sebelumnya. 

Dengan adanya hal tersebut, maka target itu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Sehingga bisa meningkatkan kemandirian daerah guna menemukan inovasi, eksensifikasi, dan intensifikasi pajak dan retribusi, dengan kewenangan daerah di dalam pengelolaan pendapatan. Sehingga lebih fokus pada pelaksanaan pengendalian sumber PAD secera efesien, efektif, ekonomis, dan akuntabel. Hingga pada akhirnya memberikan kontribusi nyata, yakni meningkatkan PAD. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru