Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seram Bagian Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nasabah Berhenti Cicil Kredit Rumah di PT Adhi Karya Property

  • Oleh Naco
  • 05 Maret 2018 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Nasabah perumahan PT Adhi Karya Property (AKP) berhenti mencicil kredit rumahnya setelah ia tahu perusahaan pengembang ini bermasalah.

Hal tersebut terungkap pada sidang lanjutan kasus penipuan pembiayaan perumahan PT Adhi Karya Property (AKP) yang merugikan Bank Syariah Mandiri (BSM) sekitar Rp33,15 miliar di Pengadilan Negeri Sampit, Senin (5/3/2018).

Sidang hari ini menghadirkan saksi Isnaniah, nasabah PT AKP, dengan terdakwa Yoris Adi Saputra dan Hasan Maulana Digelar, keduanya mantan karyawan Bank Syariah Mandiri.

Dalam keterangannya, saksi menerangkan ia berhenti melanjutkan pembayaran angsuran rumahnya setelah angsurannya tidak sesuai lagi dari angsuran sebelumnya setelah beberapa kali mengangsur. 

"Pertama saya lakukan akta jual beli dulu, setelah itu melakukan angsuran, dan kemudian angsuran naik, tidak sesuai lagi dengan angsuran yang dibrosur, lalu saya berhenti mengangsur," ucap saksi.

Saksi merasa keberatan dengan hal tersebut, meski demikian sampai saat ini ia mengaku masih menempati perumahan yang dikreditnya melalui PT AKP dengan direktur utama Darto (DPO).

Selain masalah itu, saksi juga mengakui selama proses kredit rumahnya itu, ia banyak tidak mengetahui soal pembiayaan perumahannya itu, termasuk saat akad kredit ia mengaku tidak bertemu langsung dengan notaris Joni Tanda, 

Tidak hanya itu usai membuka rekening untuk pembiayaan perumahan ia tidak pernah diserahkan dokumen apa-apa hanya diminta untuk membawa KTP saja, itu ia jelaskan dihadapan majelis hakim yang diketuai Ega Shaktiana dan JPU Kejari Kotim, Pintar Simbolon.

Yoris dan Hasan merupakan mantan pegawai BSM, di mana Yoris merupakan petugas BSM di bagian marketing sementara Hasan petugas di bagian pencairan. BSM alami kerugian setelah melakukan pembiayaan untuk perumahan PT AKP. (NACO/B-5)

Berita Terbaru