Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dharmasraya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyebab Kecelakaan Selalu Didahului Oleh Pelanggaran

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 05 Maret 2018 - 21:18 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ternyata penyebab terjadinya kecelakaan selalu didahului oleh sebuah pelanggaran. Hal inilah yang dijadikan patokan untuk dilakukannya Operasi Keselamatan Telabang.

"Kita akan melakukan operasi di lokasi yang sering dilalui pengendara lain seperti di Jalan Pangeran Antasari, Jalan Iskandar, Jalan Pangeran Diponegoro, dan Jalan sutan syahrir," kata Kaur Pembina Operasional Satlantas Polres Kotawaringin Barat IPTU Bambang Eko, Senin (5/2/2018).

Dia menuturkan operasi ini dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan akibat pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara baik itu di sengaja maupun tidak disengaja.

Eko mengimbau agar pengguna kendaraan agar lebih tertib dijalan demi keselamatan diri.

"Seperti contoh saat lampu lalu lintas berubah merah kita harus berhenti dan menunggu lampu tersebut kembali menjadi hijau. Selain itu pada saat mau melewati gang kurangi kecepatan agar, apabila ada kendaraan yang keluar secara mendadak dari gang tersebut tanpa lampu sein bisa dihindari agar tidak terjadi kecelakaan," ucapnya.

Ditambahkan, pelanggaran kecil jangan dianggap hal sepele justru kecelakaan terjadi karena hal-hal kecil seperti tidak menggunakan helm atau helmnya tidak diikat dengan benar.

Selain itu menggunakan telepon seluler saat mengendarai juga termasuk pelanggaran yang mengakibatkan kecelakaan. (HARDI SARJITO/B-6)

Berita Terbaru