Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Cara Meningkatkan Harga Karet

  • Oleh Ramadani
  • 06 Maret 2018 - 08:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut) Henny Rosgiaty Rusli menyebut, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan harga karet para petani sekarang ini.

“Salah satu penyebab adalah kurangnya pembinaan terhadap para petani karet dalam upaya meningkatkan kualitas karetnya, baik itu saat penyadapan ataupun dalam hal pembekuan karena kesadaran petani akan kualitas karet ini sangat penting diberikan pemahaman,” kata Henny, Selasa (6/3/2018).

Apa lagi, kata dia, dalam hal pasca penyedapan karet yang dianjurkan tidak lagi menggunakan tawas atau campuran pupuk serta tidak melakukan perendaman di air.

Karena hal itu dapat memengaruhi harga yang disebabkan kandungan airnya terlalu tinggi.

Petani karet, jelas dia, semestinya dianjurkan mengubah kebiasaan agar hasil produksi karetnya lebih bersih, karena pasar dunia saat ini mengadopsi sistem jaminan kualitas.

“Oleh sebab itu petani karet merasa perlu ada pabrik karet, karena dapat memotong jalur tataniaga perdagangan karet ini,” ujarnya.

Pembinaan terhadap para petani karet ini dinilai penting guna mengubah sikap serta budaya atau kebiasaan pengelolaan karet yang dikeluhkan para pengusaha karet, dengan demikian maka harga karet masyarakat akan membaik. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru