Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penikmat Wisata Susur Sungai Mentaya Mulai Meningkat Sejak Awal 2018

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Maret 2018 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menjadikan Sungai Mentaya, sebagai salah satu objek wisata susur sungai. Keputusan itu berdampak pada meningkatnya jumlah pengunjung sejak awal 2018.

"Sejak awal 2018 hingga Maret ini, kapal Teluk Sampit hampir setiap akhir pekan melayani wisatawan untuk melakukan wisata susur Sungai Mentaya," ujar motoris Kapal Teluk Sampit, Suherman, Selasa (6/3/2018).

Ia mengungkapkan, meningkatnya jumlah penikmat susur sungai tidak lepas dari kebijakan pemerintah yang mulai menggeliatkan wisata tersebut.

"Baru beberapa bulan ini saja setiap akhir pekan ada yang menyewa Kapal Teluk Sampit ini. Kalau sebelumnya sangat jarang," kata Suherman.

Ia menuturkan, pada 2017 lalu sangat jarang wisatawan menyewa Kapal Teluk Sampit untuk susur sungai. Padahal kapal itu memang di desain untuk pariwisata. Bahkan dalam satu bulanpun belum tentu ada yang menyewa.

Namun di 2018 ini, kunjungan meningkat tajam. Bahkan dalam sekali berangkat tidak pernah kurang dari 20 wisatawan. Jumlah itu belum dihitung dengan yang menggunakan kelotok.

"Alhamdulillah dan kalau seperti ini terus kami sangat bersyukur. Karena kami tidak banyak menganggur seperti tahun-tahun sebelumnya," sebut Suherman.

Ia berharap, susur sungai tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dengan begitu akan berdampak pada penghasilan para motoris dan Pemkab Kotim sekalu pemilik Kapal Teluk Sampit.

"Tidak semua wisatawan ingin menggunakan Kapal Teluk Sampit ini. Banyak juga dari mereka yang menggunakan jasa perahu kelotok kecil," terang Suherman.(MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru