Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perpusda Sukses Kembangkan Perpustakaan Pesisir

  • 07 Maret 2018 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Perpustakaan dan Arsip Daerah Kapuas sukses mengembangkan pondok baca di daerah pesisir. Saat ini, sudah ada lima pondok baca yang dibangun hasil kerjasama dengan pihak ketiga dibantu masyarakat.

Lima pondok baca tersebut di antaranya di Desa Palangkau Lama, Palangkau Baru Kecamatan Kapuas Murung, Desa Lupak Kecamatan Kapuas Kuala, Desa Mambulau Kecamatan Kapuas Hilir dan Desa Terusan Kecamatan Bataguh.

"Kita berupaya berinovasi, walaupun dana terbastas. Kami berupaya untuk menjalin kemitraan dengan pihak luar untuk mendorong pembangunan di bidang pendidikan melalui pondok baca kepada masyarakat di desa pesisir Sungai Kapuas,"ungkap Kepala Perpusda Nor Afiati di ruang kerjanya, Rabu (7/3/2018).

Ia menjelaskan, ini merupakan keselaraskan program pusat satu desa satu perpustakaan. Maka itu, lebih difokuskan di daerah pesisir dan minat baca dari anak-anak sangat tinggi.

Nor Afiati berharap, ada perhatian dari pemerintah daerah kepada Perpustakaan dan Arsip Daerah dari segi anggaran. "Kita juga mengalami keterbatasan anaggaran untuk berkunjung ke desa yang meminta untuk diberikan pelatihan. Akhirnya kami sarankan untuk pelatihan di kantor Perpusda saja," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-2)

Berita Terbaru