Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Sarankan Bina Kontraktor Lokal Kotim, Ini Dampaknya

  • Oleh Naco
  • 07 Maret 2018 - 20:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Supriadi menyatakan para kontraktor dan rekanan dari kalangan pengusaha lokal di daerah ini harus dibina dengan baik oleh pemerintah kabupaten 

Hal itu selain untuk pemberdayaan, juga memberikan efek positif terhadap perkembangan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja lokal daerah.

Supriadi mengaku sepakat agar kontraktor lokal lebih banyak mendapatkan pembinaan dari pemerintah. Salah satunya dengan memberikan mereka pekerjaan, dengan demikian mereka harus dihargai dan diperhatikan

"Belakangan ini sejumlah kontraktor lokal mengeluh. Banyak yang tidak mendapatkan pekerjaan proyek pemkab. Selain itu sistem pekerjaan yang berubah menjadi program tahun jamak menjadi salah satu penyebabnya," katanya, Rabu (7/3/2018).

Menurut Supriadi, penyebabnya karena paket proyek yang dibuat pemkab itu di luar jangkauan kemampuan. Nilainya puluhan miliar, akibatnya anggaran untuk pekerjaan skala penunjukan langsung banyak hilang.

Menurutnya kontraktor lokal ini banyak dampak positif jika diberdayakan oleh pemkab. Seperti halnya, serapan tenaga kerja lokal. Dengan sistem pekerjaan multiyears, hanya kontraktor grade tertentu yang bisa mengerjakan. Sebab, secara kemampuan alat dan teknis terlampau berat.

Maka dari itu, Supriadi tetap mendorong agar asosiasi kontraktor ini harus pandai untuk membangun kerjasama dengan pemodal, supaya pekerjaan paket besar tersebut bisa dikerjakan oleh gabungan kontraktor lokal. (NACO/B-11)

Berita Terbaru