Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Gelar Workshop Potensi Pendanaan Iklim

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 08 Maret 2018 - 13:00 WIB

BORNRONEWS, Palangka Raya- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar Workshop Potensi Pendanaan Iklim melalui Dana Desa di Kota Palangka Raya, Kamis (8/3/2018).

Direktorat Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wahyu Marjaka, mengatakan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia berkurang. Sedangkan musim kemarau terjadi lebih cepat. 

Kondisi iklim tersebut dapat berpengaruh pada beberapa aspek kehidupan manusia.

"Pergeseran musim hujan ke musim kemarau semakin dapat dirasakan, iklim yang tidak normal akan berpangaruh pada kehidupan manusia seperti semakin seringnya gagal panen," ujarnya.

Wahyu Marjaka melanjutkan, salah satu upaya mengatasi perubahan iklim ialah dengan mencegah kebakaran hutan dan lahan serta menerapkan program kampung iklim.

"Sebagaimana kita ketahui Kalimantan telah ditetapkan pemerintah sebagai wilayah rawan kebakaran. Untuk itu kita akan terapkan program kampung iklim di desa-desa," sebutnya.

Program kampung iklim merupakan desa model pengelolaan kawasan ramah lingkungan. Harapannya program tersebut dapat meanggulangi perubahan iklim menjadi normal dan meningkatkan ekonomi masyarakat. (GAZALI/B-3)

Berita Terbaru