Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Dinas Pemungut Pajak Belum Capai 100 Persen

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Maret 2018 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini masih banyak dinas atau Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) pemungut pajak daerah dan retribusi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang realisasinya belum mencapai 100 persen. 

"Dari 16 SOPD pemungut, baru 60 persen saja yang realisasinya mencapai 100 persen. Sedangkan 40 persen  lainnya belum," ujar Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kotim Marjuki, Kamis (8/3/2018).

Menurunya, SOPD yang belum mencapai target tersebut bervariasi. Ada yang hanya 60 persen, 80 persen, dan 90 persen. Sehingga untuk tahun 2018 ini, seluruh SOPD pemungut harus bekerja keras untuk mencapai target dengan cara menggali sejumlah potensi secara optimal. 

Apalagi pada 2018 ini, terget pendapatan asli daerah dinaikkan menjadi Rp234.216.623.350. Sehingga perlu kerja keras dan penggalian potensi masing-masing SOPD pemungut. 

"Tentu untuk mencapai target tersebut harus bekerja keras. Bahkan kalau bisa seluruh SOPD pemungut capaiannya melebihi dari target tersebut," kata Marjuki. 

Dirinya juga menerangkan bahwa penetapan pajak daerah dan retribusi daerah tersebut sudah berdasarkan data potensi yang ada, serta memperkirakan pertumbuhan ekonomi yang berpotensi terhadap target pendapatan pajak daerah dan retribusi daerah hingga realisasi pendapatan tahun sebelumnya.

Dengan adanya hal tersebutlah, SOPD pemungut harus meningkatkan kemandirian daerah untuk menemukan inovasi, ekstensifikasi dan intensifikasi pajak dan retribusi daerah dalam pengelolaan pendapatan. Guna pencapaian target PAD 2018 ini. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru