Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah akan Terapkan Program Kampung Iklim

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 08 Maret 2018 - 18:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar workshop potensi pendaan iklim melalui dana desa untuk merealisasikan gerakan Program Kampung Iklim (Proklim), Kamis (8/3/2018).

Direktur Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wahyu Marjaka mengatakan Proklim untuk mengantisipasi iklim yang tidak normal.

"Kalimantan ditetapkan sebagai rawan kebakaran dan penyebab perubahan iklim menjadi tidak normal adalah kebakaran," ujar Wahyu, di Palangka Raya.

"Salah satu upaya nyata mengatasi perubahan iklim adalah melalui gerakan program kampung iklim dan pencegahan kebakaran hutan baik skala desa maupun skala lebih besar," ujarnya.

Wahyu menjelaskan program kampung iklim merupakan desa model pengelolaan kawasan ramah lingkungan, selain mampu mengatasi perubahan iklim, juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Karena itu pihaknya minta dukungan dana desa untuk merealisasikan Proklim.

Wahyu mengatakan perubahan iklim yang tidak normal dapat mengganggu aspek kehidupan manusia salah satunya sering terjadi gagal panen. (GAZALI/B-6)

Berita Terbaru