Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelabuhan Batanjung Layak Berstatus Pelabuhan Ekonomi Khusus

  • 08 Maret 2018 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pelabuhan Batanjung Kabupaten Kapuas layak ditetapkan sebagai pelabuhan ekonomi khusus. Hal itu sempat mengemuka saat Irjen Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Wahju Satrio Utomo berkunjung ke Pelabuhan Batanjung.  

"Dari perbincangan, Irjen meminta agar status Pelabuhan Batanjung segera ditetapkan menjadi pelabuhan ekonomi khusus," kata Kepala Bappeda Kapuas Yan Hendri Ale di ruang kerjanya, Kamis (8/3/2018).

Usulan menjadi pelabuhan ekonomi khusus itu cukup beralasan karena Pelabuhan Batanjung sangat strategis. Hanya saja, semua kebijakan di Kalteng tergantung Gubernur dan pihak Pemkab Kapuas menunggu keseriusan dari provinsi.

"Saran pak Irjen, ini semua tergantung kebijakan Gubernur sehingga terintegrasi dengan program Presiden Joko Widodo," ungkapnya.

Saran Irjen, lanjut Yan Hendri, Gubernur menyurati Presiden bahwa status Pelabuhan Batanjung menjadi pelabuhan ekonomi khusus yang di dalamnya ada industri.

"Jadi status pelabuhan bukan lagi industri tetapi ekonomi khsus. Nantinya dibangun menjadi sakala besar, karena terintegrasi dengan industri hilir maupun hulu," terangnya.

Ia berharap, segera ada undangan dari pemerintah provinsi untuk duduk bersama membicarakan keseriusan status Pelabuhan Batanjung. Harus ada kejelasan provinsi, pelabuhan mana yang menjadi prioritas kebijakan.

"Kita menunggu surat undangan dari provinsi untuk membahas pelabuhan mana yang nantinya diusulkan Gubernur untuk menjadi pelabuhan ekonomi khsusus. Kalau Batanjung sangat potensial," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-2)

Berita Terbaru