Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Berencana Bangun Asrama Siswa

  • Oleh Ramadani
  • 09 Maret 2018 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara berencana membangun asrama siswa yang praktik lapangan di Balai Benih Tanaman Pangan dan Holtikultura. Lokasi pembanguan di Jalan Muara Teweh-Puruk Cahu, Km 7. 

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Setia Budi menuturkan, bupati Barito Utara mengarahkan pembinaan sekolah, seperti SMK. “Mereka praktik mencangkok dan mengokulasi. Bupati membangun asrama atau mes untuk siswa selama menginap,” kata dia, Jumat (9/3/2018).

Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara dituntut menggali pendapatan asli daerah (PAD) dari hasil penjualan benih. Bahkan, Peraturan Bupati Barito Utara akan hal itu telah dikeluarkan.

Selain itu, Dinas Pertanian Barito Utara sedang mengembangkan tanaman kelengkeng dan durian di Desa Batu Raya I dan Batu Raya II. “Dari pemerintah provinsi kita dapat tambahan program, ada 25 hektare tanaman kelengkeng,” ujarnya.

Bibit perkebunan, lanjut Budi, bisa ditangkarkan di balai dan UPTD Jalan Muata Teweh-Puruk Cahu, Km 17. Misalnya pembibitan gaharu dan tanaman cokelat.

“Ke depan orang per orang, institusi atau lembaga yang ingin melihat buah-buahan lokal, tidak mesti harus berburu ke hutan, cukup di Balai Benih,” pungkasnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru