Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Sarankan Pemkab Barito Utara Bangun Fasilitas Penampung Kerajinan Masyarakat

  • Oleh Ramadani
  • 09 Maret 2018 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Anggota DPRD Barito Utara Rosy Wahyuni, menyarankan pemerintah kabupaten untuk membuat sentra kerajinan. Fasilitas itu berguna untuk menampung hasil kerajinan masyarakat.

Menurut Rosy Wahyuni, kerajinan tangan dari anyaman rotan yang dihasilkan masyarakat Kabupaten Barito Utara, khususnya di Kecamatan Teweh Timur, memiliki daya tarik tersendiri.

Bahan baku rotan banyak yang diolah menjadi tas cantik dan lain sebagainya. Hasil kerajinan itu sering kali diborong pengepul yang informasinya datang dari Kalimantan Timur. Biasanya pengepul membeli hingga 1.000 buah.

Selain Kaltim juga ada warga dari Kalimantan Selatan yang membeli produk anyaman rotan Barito Utara untuk dibawa ke daerah mereka.

Sementara itu, untuk proses pewarnaan, para perajin di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan masih menggunakan cara tradisional yakni menggunakan bahan alami seperti dedauanan yang direbus.

Untuk membuat sebuah tas ukuran kecil dari anyaman rotan bisa diselesaikan warga dalam waktu satu hari.

Menilai besarnya potensi tersebut, Rosy meminta pemkab membuat wadah atau pusat untuk menampung dan menjual hasil kerajinan tangan masyarakat.

“Hal itu diperlukan guna membantu perajin anyaman rotan di daerah ini. Sehingga harga jual produk anyaman rotan yang mereka hasilkan bisa lebih tinggi lagi. Sekarang sudah zamannya untuk membantu memasarkan produk anyaman rotan khas Barito Utara, bisa menggunakan media sosial,” katanya, Jumat (9/3/2018).

Ia menuturkan, harga jual tas anyaman rotan di Bali dan Jakarta, bisa tembus Rp500 ribu per buah. Tapi di Barito Utara hanya Rp100 ribu per buah dan bila membeli dalam jumlah banyak, bisa dapat dengan harga Rp50 ribu per buah.

“Jadi selisih harga ini sangat besar. Karenanya, dengan adanya pusat atau tempat untuk menampung dan menjual hasil kerajinan ini, bisa mengangkat harga jual produk anyaman rotan yang diolah masyarakat kita,” katanya.(RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru