Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polisi Tangkap Dalang Aksi Anarkis Saat Demo Mahasiswa

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 09 Maret 2018 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Aparat Kepolisian Resor (Polres) Palangka Raya mengamankan pelaku aksi anarkis saat demo aliansi mahasiswa di gedung DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (9/3/2018).

Kejadian itu bermula saat mahasiswa membakar keranda mayat sebagai simbol matinya demokrasi menyusul pengesahan Undang-Undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3) yang dinilai pro DPR.

Selanjutnya, polisi berusaha memadamkan api sehingga memunculkan asap tebal. Asap tebal tersebut dimanfaatkan pelaku provokator membuat keributan dengan memukul salah satu petugas keamanan.

Keadaan itu membuat suasana memanas. Namun, personel Polda Kalteng bekerja sama Polres Palangka Raya dengan cepat berhasil mengamankan pelaku.

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Siregar membenarkan bahwa pihaknya sudah mengamankan pelaku pemukulan petugas.

"Kami sudah mengamankan pelaku aksi anarkis dan akan kami introgasi berasal dari kelompok mana," ujarnya.

Sebelumnya aliansi mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Peduli Demokrasi, terkejut dan menegaskan kelakuan tidak terpuji tersebut bukan dari kelompok mereka.

"Kami tegaskan pelaku anarkis bukan dari bagian aliansi mahasiswa. Karena dari awal kami sudah berkomitmen ingin melakukan aksi damai dan hanya ingin bertemu anggota dewan," ujar Husen, salah seorang mahasiswa yang berdemo. (RAHMAT GAZALI/B-3)

Berita Terbaru