Harga Sarang Walet Sentuh Angka Rp14 Juta per Kilogram

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 Maret 2018 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Harga sarang walet di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini kembali meningkat. Bahkan sudah mencapai Rp14 juta per kilogram untuk kualitas terbaik.

"Untuk harga dalam beberapa pekan terakhir sudah mulai naik," kata Abu Alhabsi, seorang pengepul sarang walet di Sampit, Kamis (8/3/2018).

Sebelumnya harga sarang walet yakni Rp11 juta per kilogram untuk kualitas terbaik. Namun sudah sekitar dua pekan terakhir mengalami penaikan. Belum diketahui penyebab penaikan itu. Namun hal itu,  merupakan harga yang ditetapkan pembeli sarang walet dari luar daerah.

"Untuk harga walet ini sulit diprediksi. Terkadang naik dan terus naik dengan waktu yang cukup lama. Namun kalau turun juga akan cepat," kata Abu.

Dia mengatakan, penaikan terjadi saat permintaan meningkat, tetapi stok minim. Sehingga harga akan semakin melambung.

Harga sarang walet cukup bervariasi. Tergantung dari kualitas atau bentuk. Adapun harga Rp 14 juta tersebut untuk sarang walet berbentuk murni mangkok.

"Kami sangat berharap agar harganya terus naik," tutur Nor Elman, pengusaha sarang walet di Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru